
Website Groupon Indonesia terus melakukan update demi mendapatkan peluang pasar yang lebih luas dan mendorong perekonomian melalui e-commerce. Asosiasi E-commerce di Indonesia (idEA) beberapa hari lalu merilis keterangan bahwa pasar e-commerce Indonesia diperkirakan akan melonjak keuntungannya di tahun 2016, dari Rp 94,5 triliun menjadi Rp 249 triliun. Ada dua update yang dilakukan Groupon untuk berbenah diri, berikut ulasannya.
Adanya aplikasi mobile
Beberapa waktu lalu, Groupon Indonesia meluncurkan aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS. “Tren pengguna e-commerce di Indonesia terus meningkat, seiring dengan itu pelanggan menuntut kemudahan akses dari notebook ke smartphone, dan tablet mereka. Dengan hadirnya aplikasi Groupon Mobile, kami menjawab apa yang dibutuhkan pelanggan kami dengan cepat dan terus berkomitmen untuk memberikan inovasi dan beragam deal yang menarik untuk mereka,” ujar Indrasto Budisantoso, CEO Groupon Indonesia.
Aplikasi Groupon Mobile memberikan menu promo deal mulai dari travel, produk elektronik hingga tempat kuliner favorit. Berbeda dengan yang diakses melalui PC, di aplikasi Groupon mobile, pengguna dapat memanfaatkan fitur Nearby dan Search. Kedua fitur ini memudahkan Grouponers, sebutan bagi pengguna Groupon, dalam mencari deal dan lokasi deal yang terdekat.
Fitur Nearby memberikan saran untuk pengguna mengenai Deal dari Groupon yang ada di dekat posisinya, sehingga mereka bisa lebih mudah mencari deal menarik dari Groupon Indonesia. Hal menarik lainnya juga, pengguna bisa dimudahkan dalam mencari deal yang diinginkan dengan fitur Search.
Seperti saat ini, saya sedang berada di Medan dan mencoba menggunakan aplikasi ini (tentunya saya sudah melakukan registrasi sebelumnya), ketika saya memasuki aplikasinya, akan langsung tertuju pada fitur Nearby, memang terdapat pilihan deal di sekitar saya, namun rata-rata dalam jarak dua hingga empat kilometer jauhnya. Dan ketika meng-klik fitur Search, deal yang terdapat di Medan ditunjukkan dengan pointer hijau Groupon (lihat gambar) yang ditunjukkan dalam peta, yang perlu diingat adalah Anda harus mengaktifkan GPS di smartphone sebelum membuka aplikasi ini.

Lebih lanjut, aplikasi Groupon Mobile pun memberikan kebebasan pada pengguna untuk dapat menggunakan langsung voucher-nya tanpa harus mencetaknya, dengan kemampuan paperless redemption ini mereka cukup menunjukkan kode voucher yang tertera di handphone untuk diperlihatkan kepada kasir di toko.
Bersamaan dengan peluncuran aplikasi Groupon Mobile, diperkenalkan juga tampilan baru layout untuk website Groupon dengan 1.000 hingga 1.500 deal yang tayang setiap harinya. Deal tersebut adalah local voucher (F&B, Kecantikan, Kesehatan, Pendidikan, Fotografi, dll), produk (gadget, peralatan rumah tangga, tas, sepatu, baju, dll), dan travel.
Sayangnya, saat dikonfirmasi, pihak Groupon enggan menyebutkan pengaruh adanya aplikasi ini dengan kenaikan jumlah pengguna aktif Groupon. Aplikasi ini dapat di-download melalui Play Store, iTunes Store, dan Windows Phone Store.
Menambahkan halaman khusus fashion
Tumbuhnya industri e-commerce di Indonesia serta merta diikuti dengan beragam penawaran produk dari berbagai segmen, mulai dari gadget, kuliner, barang elektronik, tiket wisata, hingga fashion. Salah satu hal yang menarik untuk dicermati adalah ternyata mayoritas pengguna e-commerce di Indonesia, terutama perempuan, lebih suka melakukan pembelian produk fashion secara online. Hal ini pun didukung oleh riset terakhir yang dilakukan oleh idEA atau Asosiasi E-Commerce Indonesia yang menyebutkan bahwa 78% responden melakukan belanja fashion di laman e-commerce.

Laman khusus fashion yang baru dirilis Groupon
Riset terakhir Groupon pun menyebutkan bahwa, di antara 12 negara di Asia, ternyata Indonesia termasuk negara yang bisa dikatakan penggila belanja online. Survei ini dilakukan oleh Groupon yang melibatkan 25.070 responden pada akhir tahun lalu, yang mencatat 66 persen konsumen di Indonesia gemar melakukan belanja online, termasuk salah satunya untuk fashion. Seiring dengan data tersebut, Groupon turut memperkenalkan laman baru untuk berbelanja khusus produk fashion. Groupon Fashion ini menyajikan lebih dari 300-400 deal item produk fashion pilihan dalam balutan halaman web yang lebih fresh dan detil untuk produk fashion terkini.
Lebih lanjut Indrasto mengungkapkan:
Pengguna internet memang tumbuh subur di Indonesia, terdapat sekitar 82 juta pengguna internet aktif, naik dari 70 juta dari tahun lalu. Namun sayangnya tingkat kenaikan tersebut tidak diiringi kenaikan jumlah pembeli melalui e-commerce, hanya sekitar 10 persen dari angka tersebut yang sudah aktif melakukan pembelanjaan di online. Oleh karena itu, masih banyak yang akan kami lakukan untuk menarik minat masyarakat dalam meningkatkan kepercayaan dan kemudahan berbelanja online.
Kondisi e-commerce pesaingnya

Memang sepertinya terlihat Groupon menjadi e-commerce terbesar di Indonesia, meski demikian, salah satu rival terberatnya dalam merebut pangsa pasar penjualan online, LivingSocial Indonesia, juga terus melakukan perubahan. Kedua daily deals ini sama-sama mendapatkan suntikan dana dari luar negeri. Sebelum menjadi anak dari Groupon yang berasal dari Amerika, Disdus dahulu menjadi awal dari bisnis daily deals di dalam negeri. Begitupun juga DealKeren sebelum dipinang LivingSocial pada pertengahan 2011 (Groupon juga melakukan pinangan di tahun yang sama), keduanya membuat para pebisnis lain melirik e-commerce sebagai bisnis yang menjanjikan dengan besarnya dana yang diterima.
LivingSocial saat ini juga telah menyediakan aplikasi bagi berbagai toko aplikasi Play Store, iTunes Store, dan Windows Phone Store. Bila Groupon Indonesia telah menambahkan laman khusus Fashion, tidak begitu dengan LivingSocial, di website ini hanya terdapat bagian Beauty yang menyajikan perlengkapan untuk mempercantik tubuh.
(Diedit oleh Lina Noviandari)

from Berita Teknologi | - Yahoo Indonesia News https://id.berita.yahoo.com/ingin-jaring-lebih-banyak-pembeli-online-groupon-luncurkan-073908214.html
via IFTTT
0 Response to "Ingin jaring lebih banyak pembeli online, Groupon luncurkan aplikasi mobile dan laman khusus fashion"
Post a Comment