
Ada satu aktivitas pengguna media sosial yang lazim dilakukan yaitu berbagi konten. Tetapi, apakah Anda mendapat keuntungan tertentu setelah berbagi konten yang bersifat iklan di media sosial, sementara brand yang beriklan tersebut diuntungkan dengan usaha berbagi Anda? Mengambil etimologi bahasa Sunda yaitu “Haratis” yang artinya “Gratis”, startup Haratishare asal Bandung ini ingin memberikan reward gratis bagi pengguna media sosial setelah berbagi konten yang bersifat iklan. Bagaimanakah kiprah peserta Indogo Incubator 2014 yang masih berusia delapan bulan ini?
Didirikan pada Januari 2014, Haratishare merupakan sebuah platform advertising dan sharing berupa aplikasi mobile berkonsep “digital advertising based on media social”, yang memungkinkan pengguna untuk memfilter iklan apa saja yang relevan sesuai kebutuhan. Selain itu, bagi pengguna yang membagikan iklan tadi ke media-media sosial, berhak mendapatkan reward tertentu baik berupa hadiah atau voucher sesuai yang diinginkan.
Lira Parahita Agni Putri selaku CEO dan co-founder Haratishare mengungkap alasan di balik pendirian Haratishare yang ingin memecahkan masalah pengguna yang sering melakukan aktivitas sharing mengenai produk atau brand tertentu, tetapi tidak mendapatkan benefit apa-apa dari usahanya. Di sisi lain, Haratishare ingin membantu pemilik produk atau brand tertentu menemukan calon konsumen yang tepat sasaran (targeted).
Cara penggunaannya sederhana, setelah men-download aplikasinya Anda akan diminta untuk memilih minat apa yang disukai antara lain sports, fashion, culinary, dan travel. Setelah itu timeline pengguna hanya akan terisi iklan dari produk atau brand yang berkaitan dengan minat yang sudah dipilih. Untuk mendapatkan reward gratis, pengguna dapat membagikan iklan produk atau brand yang disukai melalui Facebook dan Twitter. Jika link iklan yang pengguna bagikan mendapatkan “klik” dari pengguna media sosial lainnya, maka akan dikonversi menjadi point yang nantinya dapat ditukar dengan reward yang diinginkan.

Screenshot Haratishare
Lira mengakui bahwa konsep bisnis Haratishare terinspirasi dari layanan sejenis yaitu Activorm dan 8share. Oleh karena itu untuk membedakan dengan mereka, Haratishare memiliki strategi bisnis dengan nama “value advertorial” yang memadukan native advertising dan content marketing berupa artikel-artikel yang berisi pesan-pesan sponsor melalui tulisannya. Pembeda lainnya, Haratishare tidak memberikan reward berupa uang tunai seperti 8share. Haratishare memang memfokuskan diri untuk menjadi campaign tools bagi produk atau brand tertentu.
Haratishare sendiri menerapkan model bisnis B2B (Business to Business) dengan metode “pay per click” yang menjual slot iklan kepada produk atau brand yang telah bermitra dengan sistem deposit. Deposit tersebut akan dikurangi sesuai dengan jumlah “klik” terhadap link iklan tersebut. Sampai delapan bulan ini Haratishare masih dalam proses penjajakan dengan beberapa produk atau brand untuk bermitra.
Saat ini Haratishare dikelola oleh enam orang yang terdiri atas empat orang yang bekerja secara full time dan dua orang lagi secara part time. Aplikasi mobile Haratishare sendiri baru akan tersedia bagi pengguna Android dalam versi Beta pada Oktober atau November mendatang. Karena masih berusia hitungan bulan, untuk kedepannya Haratishare masih akan fokus untuk menarik banyak pengguna dan pengembangan konten advertorial.

Lira bersama beberapa anggota tim Haratishare
Selain Haratishare, kami menemukan startup sejenis yang potensial menjadi kompetitor yaitu Poinweb, dan Excite Point.
(Diedit oleh T. R. Husada)

from Berita Teknologi | - Yahoo Indonesia News https://id.berita.yahoo.com/dapatkan-hadiah-gratis-dengan-berbagi-konten-melalui-aplikasi-105425048.html
via IFTTT
0 Response to "Dapatkan hadiah gratis dengan berbagi konten melalui aplikasi Haratishare!"
Post a Comment