Salah satu berita besar di minggu ini ialah fakta bahwa iPhone 6 Plus – smartphone premium keluaran Apple – ternyata dapat bengkok dengan mudah. Beberapa pengguna sempat melaporkan bahwa smartphone mereka bengkok setelah disimpan di kantong depan. Sebuah video dari Unbox Therapy juga memperlihatkan bahwa smartphone ini bisa ditekuk dengan tangan kosong (tentu saja dengan tenaga).
Berita ini dengan cepat menyebar secara online. Banyak netizen yang kemudian membuat lelucon di media sosial (baik dalam kata-kata dan/atau gambar) dengan hashtag #bendgate sebagai bentuk hiburan.
Yang menarik, beberapa perusahaan besar seperti Samsung, LG, KitKat, dan bahkan Heineken juga ikut ‘meramaikan’ media sosial dengan tweet pemasaran mereka. Tujuannya sudah jelas; mereka ingin meningkatkan awareness terhadap produk dan perusahaan mereka dengan memanfaatkan momentum ini. Dan khususnya bagi produsen smartphone, ini juga kesempatan untuk memperlihatkan bahwa produk mereka lebih baik daripada milik Apple, atau paling tidak lebih solid dari segi hardware.
Berikut adalah beberapa tweet kreatif dari beberapa perusahaan global yang kami temukan:
1. Samsung
Tidak mengherankan jika Samsung juga ikut menyinggung Apple. Perusahaan yang sering berselisih dengan Apple baik dalam urusan hukum ataupun iklan ini membuat tweet yang berisikan gambar Galaxy Note Edge terbaru mereka, disertai tulisan ”Curved. Not bent.”
Selain itu, meskipun tampaknya tidak resmi, ada sebuah mock add yang memperlihatkan sebuah smartphone yang tertekuk parah diposisikan seolah menyembah sebuah smartphone lain di depannya yang berdiri dengan utuh. Maknanya tampak cukup jelas.
2. LG
Perusahaan teknologi lain, LG, juga ikut membuat sebuah tweet yang berbunyi ”Our phone doesn’t bend. It flexes.. on purpose” beserta gambar produk LG Flex mereka. Produk ini sendiri memang mengutamakan bentuk fisiknya yang melengkung.
3. HTC
Tweet dari HTC yang berbunyi “Designed to withstand the most demanding environments. Like your pockets.” mencoba meyakinkan bahwa produk andalan mereka, HTC One M8, cukup solid dan mampu menahan berbagai tekanan seperti misalnya tekanan dari kantong celana. Ya, sembari menyinggung Apple, perusahaan Taiwan ini mencoba mengatakan bahwa produk mereka tidak seperti iPhone 6 Plus. Ini masuk akal karena case HTC One M8 sendiri berbahan aluminium, sama dengan milik iPhone 6 Plus.
4. KitKat
Produk yang terkenal di seluruh dunia, dan sekaligus nama kode dari OS Android versi 4.4 ini membuat tweet berbunyi “We don’t bend, we break”. Jika dibaca sekilas, tweet ini mungkin sulit dimengerti. Tapi mengingat bahwa break merupakan salah satu kata khas yang ada di slogan KitKat, dan mematahkan KitKat adalah salah satu cara yang biasa digunakan ketika menikmati KitKat, tweet ini cukup menarik.
5. Heineken
Perusahaan bir ini membuat tweet yang sederhana. Disertai dengan gambar sebuah tutup botol yang tertekuk, disertai tulisan “No Worries… It happens to us all the time.” Heineken tampaknya hanya ingin membuat lelucon tentang Apple.
6. Pringles
Pringles yang merupakan produsen keripik kentang memperlihatkan gambar satu potong keripik kentang dan juga tulisan “Whats wrong with a little bend?”. Tweet ini seolah memberitahukan bahwa tekukan yang ada pada keripik kentang Pringles tidak berpengaruh apa-apa karena rasanya tetap saja enak.
7. Coca Cola
Perusahaan minuman ini mencoba membanggakan keunggulan desain botol produknya dengan memperlihatkan deretan desain botol Coca Cola dari tahun ke tahun. Bersama dengan gambar itu, disertai juga teks “We’ve only ever had curves in all the right places”.
Iklan online berbasis momentum, cara untuk meningkatkan awareness?
Ini bukanlah pertama kali perusahaan lain mengikuti sebuah tren media sosial seperti ini, walaupun memang tampaknya kali ini jumlah tweet yang muncul lebih banyak dari sebelumnya. Saat Piala Dunia lalu, tepatnya setelah pertandingan Uruguay vs Italia dimana Luis Suarez dituduh (kembali) menggigit pemain lawan, Snickers membuat sebuah tweet berisikan gambar Snickers yang sudah digigit disertai tulisan ”More satisfying than Italian”. Snickers sendiri membuat beberapa gambar terkait Piala Dunia lain untuk mempromosikan produknya.
Belum lama ini juga, Samsung membuat produk andalan terbarunya, Samsung Galaxy S5, ikut dalam Ice Bucket Challenge. Setelah mengguyur produknya dengan air dingin, sesuai dengan tradisi atau prosedur tantangan tersebut, Samsung menantang pesaingnya – iPhone 5s, HTC One M8, dan Lumia 930 – untuk mengguyur produknya dengan air es. Ini tentunya salah satu upaya Samsung untuk memperlihatkan bahwa produk mereka lebih baik.
Masih banyak lagi momentum yang dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membuat iklan yang menarik perhatian. Hal itu lumrah saja terjadi, karena dengan memanfaatkan sebuah momentum, satu tweet bisa mendapatkan reach yang jauh lebih baik dari biasanya atau dengan kata lain dilihat oleh lebih banyak orang. Memang, hal tersebut tidak menjamin peningkatan dalam hal pengguna atau profit. Tapi paling tidak upaya itu bisa meningkatkan awareness dan juga online presence sebuah perusahaan yang semakin lama semakin penting untuk kepentingan marketing.
Apakah hanya iPhone 6 Plus?
Anda mungkin penasaran, apakah kecacatan ini hanya ada pada iPhone 6 Plus saja? Bagaimana dengan iPhone 6, serta smartphone dari brand lain? Sebuah video dari Unbox Therapy mencoba menjawab pertanyaan ini dengan melakukan uji coba yang sama seperti yang dilakukan dengan iPhone 6 Plus pada empat smartphone yang berbeda, yaitu iPhone 6, Nokia Lumia 1020, Moto X, dan HTC One M8. Hasilnya bisa Anda lihat di video ini:
(Diedit oleh Enricko Lukman dan Ketut Krisna Wijaya)

from Berita Teknologi | - Yahoo Indonesia News https://id.berita.yahoo.com/fyi-kumpulan-tweet-yang-mengejek-iphone-6-plus-130540120.html
via IFTTT
0 Response to "FYI: Kumpulan tweet yang mengejek iPhone 6 Plus bengkok"
Post a Comment