Nama produsen Alcatel, memang timbul-tenggelam di ranah penjualan smartphone tanah air. Setelah Maret 2014 lalu meluncurkan rangkaian seri One Touch Idol dan Pop, tidak ada kabar kelanjutan pembaruan seri tersebut. Baru pada akhir tahun di Desember ini Alcatel kembali terdengar dalam peluncuran seri terbaru dari One Touch, yakni Flash.
Ada salah satu hal yang menarik dari acara launching yang diadakan hari ini (10/12), pihak Alcatel menayangkan video tentang produk teranyarnya, Alcatel One Touch Flash berhadapan dengan kompetitornya. Di video tersebut, sang kompetitor berwarna merah dan terdapat nama ‘Note’ di kostumnya. Untuk lebih lengkapnya, Anda dapat melihatnya di video berikut:
Kompetitor baru Xiaomi Redmi Note
Penjelasan kompetitor di video tersebut seolah menunjukkan produk terbaru ini ditujukkan untuk menghadang popularitas Xiaomi Redmi Note. Bagaimana tidak, spesifikasi dan kelas yang ditawarkan juga sangat dekat dengan produk Xiaomi.
Alcatel membekali seri OneTouch Flash dengan ukuran layar sentuh yang cukup besar, yakni 5,5 inci dengan resolusi 1280×720 piksel. Performa adalah salah keunggulan yang ditawarkan oleh Alcatel OneTouch Flash karena telah ditenagai oleh prosesor octa-core berkecepatan 1,4GHz dari MediaTek MT6592 yang didukung dengan memori RAM sebesar 1 GB dan chip grafis Mali-450MP. Alcatel OneTouch Flash memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dan bermain game berat dengan lancar.
Alcatel OneTouch Flash ini diperkuat oleh baterai berkapasitas 3.200 mAh dan menjalankan sistem operasi Android 4.4.2 KitKat. Alcatel OneTouch Flash dibekali dengan ruang penyimpanan data internal sebesar 8 GB yang dilengkapi dukungan slot microSD yang memungkinkan pengguna untuk menambah memori eksternal hingga 32 GB. Untuk kamera, smartphone ini dipersenjatai oleh kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel yang disematkan fitur autofokus dan LED flash. Sedangkan untuk kamera depan, smartphone dibekali kamera berkekuatan 5 megapiksel.
Dijual hanya melalui Lazada
Tren penjualan smartphone saat ini cenderung mengarah pada penjualan online. Salah satunya seperti yang dilakukan Xiaomi dan Himax dengan produk yang mereka miliki. Melakukan penjualan melalui e-commerce juga dilakukan oleh seri terbaru Alcatel ini dengan menunjuk Lazada sebagai partner eksklusif.
Menurut Eko Susanto, marketing manager Alcatel One Touch, pemilihan Lazada sebagai partner penjualan karena website e-commerce ini menyediakan peringkat performa setiap brand dan e-commerce lainnya dalam bentuk grafik. Ia juga menambahkan:
E-commerce lainnya menunjukkan tingginya pengunjung namun minim transaksi. Alcatel One Touch melihat Lazada memiliki jumlah pengunjung dan transaksi yang besar dan stabil selama 2,5 tahun beroperasi di Indonesia, sehingga memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka dan memiliki kontrak dalam jangka waktu panjang.
Kerjasama ini berupa penjualan secara resmi Alcatel One Touch Flash yang berlangsung pada event Harbolnas 2014, 12 Desember mendatang. Smartphone ini dijual Rp 1,9 juta melalui Lazada, sedangkan untuk pembelian di luar Lazada, harganya mencapai Rp 2,5 juta. Sedangkan pesaingnya, Xiaomi Redmi Note dijual dengan harga Rp 1,5 juta.
Eko menambahkan, pihaknya menyiapkan sebanyak 5.000 produk yang dikapalkan dari Shenzen, China untuk dijual melalui Lazada. Bila demand meningkat hingga penghujung Q2 2015, ia mengaku akan menaikkan volume seri smartphone ini.
Strategi di 2015
Ditambahkan Handi Satria, product manager Alcatel One Touch bahwa untuk 2015, ia dan tim sedang menyiapkan strategi penjualan. Pertama yakni dengan tetap mengedepankan lini produk untuk kelas menengah, namun memiliki spesifikasi sekelas premium.
Handi menambahkan kerjasama dengan Lazada masih akan berlangsung dengan dua produk smartphone lainnya. Strategi kedua adalah Alcatel One Touch sedang menyiapkan produk 4G LTE untuk Indonesia. Eko sedikit memberi petunjuk bahwa Alcatel One Touch bekerja sama dengan Telkomsel dalam menyediakan produk LTE.
Untuk rapor penjualan selama tahun 2014, Handi menjelaskan bahwa target penjualan mereka tidak tercapai. Ia mengatakan bahwa target untuk tahun 2014 adalah penjualan smartphone sebanyak 400.000 unit per bulan, namun kenyataannya hanya sekitar 200.000 unit per bulan yang terjual. Angka tersebut lebih banyak berasal dari Jakarta dan Bandung.
Kiri ke kanan: Andry Huzain SVP marketing manager and business development Lazada Indonesia, Michael Kwok country manager TCT Mobile Indonesia, dan Eko Susanto marketing manager Alcatel One Touch saat acara peluncuran Rabu (10/12).
“Meski tidak mencapai target, angka penjualan cenderung terus naik dan berkembang. Sejak mulai diperkenalkan Maret 2014, seri One Touch Idol dan Pop menjadi yang paling banyak diminati,” tambah Handi. Sedangkan di 2015, pihaknya berharap target 5.000 unit akan terlaksana sebelum Q2 karena menurut Handi, harga yang ditawarkan dapat menarik minat konsumennya.
(Diedit oleh T. R. Husada)

from Berita Teknologi | - Yahoo Indonesia News https://id.berita.yahoo.com/pesaing-baru-xiaomi-redmi-note,-094351896.html
via IFTTT
0 Response to "Pesaing baru Xiaomi Redmi Note, Alcatel One Touch Flash resmi masuk Indonesia melalui Lazada"
Post a Comment