Siapa yang tak kenal Facebook? Media sosial ini memiliki total 1,82 miliar pengguna di seluruh dunia. Dan di Indonesia sendiri, total pengguna Facebook mencapai angka 69 juta. Jadi bisa dibayangkan berapa jumlah audience yang akan melihat produk Anda bila menggunakan Facebook sebagai sarana media marketing produk.
Pada bulan ini, Facebook mengumumkan tiga fitur marketing baru, yakni Mobile Like Button, Audience Network, dan Local Awareness Ads. Berikut adalah penjelasan mengenai fitur baru tersebut:
Mobile Like Button: Sasar pasar mobile dengan tombol Like

Anda bisa lihat dan rasakan sendiri, sekarang hampir semua website menggunakan tombol Share atau Like Facebook. Kini tombol tersebut hadir di perangkat mobile.
Tombol ini bisa digunakan untuk Like Fanpage aplikasi atau game, Open Graph – fitur untuk membagikan konten seperti foto ke Facebook – dalam aplikasi, atau membagikan konten dan archievement saat bermain game. Game Clash of Clans [Android dan iOS] misalnya, menggunakan tombol tersebut Anda bisa Like halaman Fanpage Facebook-nya atau men-share achievement yang Anda dapat saat bermain. Contoh lain misalnya pada Instagram, salah satu teman Anda memberi Like foto Anda, maka otomatis akan muncul notifikasi di Facebook.
Audience Network: Cara baru beriklan di mobile

Audience Network merupakan cara baru bagi para pengiklan untuk melakukan kampanye brand mereka di Facebook atau aplikasi mobile lainnya. Dengan fitur ini para pengiklan tidak perlu pusing lagi menentukan target konsumen mereka, karena Audience Network otomatis menargetkan dan mengukur siapa pengguna yang tepat untuk brand Anda. Sehingga konsumen akan mendapatkan iklan sesuai dengan apa yang mereka sukai.
Jika pengguna Facebook seorang ibu rumah tangga misalnya, saat membuka sebuah aplikasi atau game. Maka akan muncul iklan yang berhubungan dengan keperluan ibu rumah tangga seperti pakaian untuk anak mereka, perlengkapan dapur, dan lainnya.
Audience Network ini memiliki tiga varian bentuk iklan, yakni banner, interstitial, dan format native yang didesain khusus agar sesuai dengan aplikasi.
Local Awareness Ads: Target pasar sesuai lokasi
Fitur ketiga yang tidak kalah menarik adalah Local Awareness Ads. Dengan fitur ini, pemiliki bisnis bisa dengan mudah dan cepat mencari pelanggan baru dengan menampilkan iklan ke pengguna yang berada di areanya.
Misalnya mendirikan kafe atau restoran di daerah Kuta, Bali. Fitur ini memungkinkan konsumen yang berada di daerah Kuta akan otomatis melihat iklan kafe atau restoran tersebut saat membuka Facebook. Sehingga akan lebih efektif jika dibandingkan dengan memasang iklan secara tradisional seperti spanduk di jalan-jalan, majalah, atau lainnya.
Tiga fitur di atas bisa dibilang berguna untuk meningkatkan awareness konsumen, sehingga brand Anda akan dikenal banyak orang dan tentu saja pada akhirnya akan mendongkrak bisnis. Namun, sayangnya saat ini fitur tersebut baru tersedia di Amerika Serikat dan akan tersedia secara global dalam beberapa bulan ke depan.
(Diedit oleh Lina Noviandari)

from Berita Teknologi | - Yahoo Indonesia News https://id.berita.yahoo.com/3-fitur-marketing-baru-facebook-yang-perlu-anda-072745812.html
via IFTTT
0 Response to "3 fitur marketing baru Facebook yang perlu Anda ketahui"
Post a Comment